Implementasi Program Pelayanan Sosial Pada Anak Bermasalah di Panti Sosial Anak dan Remaja Kota Kendari

Authors

  • Darmin Tuwu Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/jkps.v4i1.6

Keywords:

Anak, anak bermasalah, pelayanan sosial

Abstract

Penelitian ini tentang implementasi program pelayanan sosial kepada anak bermasalah di Panti Sosial Anak dan Remaja Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Obyek peneltian adalah lima puluh orang anak bermasalah yang tinggal di UPTD-PSAR. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui penyajian data, reduksi data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan sosial Panti PSAR yang diberikan kepada anak berupa: Pertama, pelayanan sosial bidang pendidikan sekolah formal mulai dari jenjang SD-SMA; Kedua, pelayanan sosial dalam bentuk penyediaan tempat tinggal gratis; Ketiga, pelayanan sosial makan-minum gratis, Terakhir, adalah pelayanan sosial dalam bentuk pembinaan mental spiritual. Melalui pelayanan sosial anak yang diberikan oleh Panti Sosial Anak dan Remaja, diharapkan anak dapat menjalankan fungsi sosialnya di dalam keluarga dan di dalam kehidupan bermasyarakat secara baik. Anak juga diharapkan dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Anak juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan yang telah diprolehnya, sehingga pada akhirnya, setelah menamatkan pendidikan SMA, anak dapat diterima dengan baik oleh lingkungan sosialnya sebagai mana mestinya. Dengan demikian, target pelayanan social sebagai sebuah program atau kegiatan yang didesain secara konkret untuk menjawab masalah, kebutuhan anak ataupun meningkatkan taraf hidup anak dapat dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Isbandi Rukminto, (2015). Kesejahteraam Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Astri, Herlina, (2014). Kehidupan Anak Jalanan di Indonesia: Faktor Penyebab, Tatanan Hidup dan Kerentanan Berperilaku Menyimpang. Jurnal Aspirasi Vol. 5 No. 2, Desember 2014. Hal 145-155.

Belsky, J. (1981). Early human experience: a family perspective. Developmental Psychology. 17, 3-23.

Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2002). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Teaching Sociology (Vol. 30, Issue 3). https://doi.org/10.2307/3211488

Fahrudin, Adi, (2018). Perspektif Biopsikososial Untuk Asesment Keberfungsian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

https://www.bps.go.id/publication/2022/12/13/dea4ac1faa8b3e121c9fb925/profil-anak-usia-dini-2022.html diakses tanggal 27 April 2023 pukul 09.35 wita.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPHA P2PA) Tahun 2021.

Leavy, P. (2017). Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches; Seventh Edition. In United States of America. Allyn & Bacon. https://doi.org/10.2307/3211488

Reiss, I.R. (1980). Family System in America (3rd ed). New York: Holt, Reinhart & Winston).

Sulistyo, Sumar (2010). Analisis Masalah Kesejahteraan Sosial Anak Terlantar dan Alternatif Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tuwu, Darmin (2018). Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian. Kendari: Literacy Institute.

Tuwu, Darmin, dkk., (2020). Pemberian Dukungan Psikososial Pada Anak Yang Mengalami Gangguan di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Publicuho. Vol 3 No. 3, 2020, Hal. 394-404.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Wassahua, Sarfa, (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kampung Wara Negeri Hative Kecil Kota Ambon. Jurnal Al-Iltizam, Vol.1, No.2, Desember 2016, Hal 94-113.

Yin, Robert K., (2008). Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles